Foktor Utama Prestasi Belajar
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar dan
mengklasifikasikannya menjadi dua bagian, yaitu:
1) faktor-faktor intern; dan
2) faktor-faktor ekstern.
Faktor-faktor intern, yakni faktor-faktor yang berasal dari dalam diri
seseorang yang dapat mempengaruhi prestasi belajarnya. Di antara faktor-faktor
intern yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang adalah antara lain:
1) kecerdasan/intelegensi;
2) bakat;
3) minat;
4) motivasi.
Adapun
faktor-faktor ekstern, yaitu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi
belajar seseorang yang sifatnya berasal dari luar diri seseorang tersebut. Yang
termasuk faktor-faktor ini adalah antara lain:
1) keadaan lingkungan keluarga;
2) keadaan lingkungan sekolah; dan
3) keadaan lingkungan masyarakat (Sunarto,
2009).
Kedua uraian pendapat tersebut di atas kurang merepresentasikan kesemua
faktor yang dapat mempengaruhi proses dan prestasi belajar seseorang. Masih
banyak faktor-faktor lain yang belum tercover di dalamnya. Oleh karenanya,
untuk melengkapi kedua pendapat tersebut, penulis sajikan pandangan Muhibbin
Syah mengenai hal tersebut. Menurut beliau, faktor-faktor yang mempengaruhi
proses dan hasil belajar peserta didik di sekolah, secara garis besar
dapat dibagi kepada tiga bagian, yaitu :
a. Faktor internal (faktor dari dalam diri peserta
didik), yakni keadaan/kondisi jasmani atau rohani peserta didik. Yang
termasuk faktor-faktor internal antara lain adalah:
1) Faktor
fisiologis
Keadaan fisik yang
sehat dan segar serta kuat akan menguntungkan dan memberikan hasil belajar yang
baik. Tetapi keadaan fisik yang kurang baik akan berpengaruh pada siswa dalam
keadaan belajarnya.
2) Faktor
psikologis
Yang termasuk dalam
faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi prestasi belajar adalah antara lain:
a) Intelegensi,
faktor ini berkaitan dengan Intellegency Question (IQ)
seseorang
b) Perhatian, perhatian yang terarah dengan baik akan menghasilkan
pemahaman dan kemampuan yang mantap.
c) Minat, Kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan
yang besar terhadap sesuatu.
d) Motivasi,
merupakan keadaan internal organisme yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu.
e) Bakat,
kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan pada
masa yag akan datang.
b. Faktor
eksternal (faktor dari luar peserta didik), yakni kondisi lingkungan sekitar
peserta didik. Adapun yang termasuk faktor-faktor ini antara lain yaitu :
1) Faktor
sosial, yang terdiri dari: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan
lingkungan masyarakat
2) Faktor non
sosial, yang meliputi keadaan dan letak gedung sekolah, keadaan dan letak rumah
tempat tinggal keluarga, alat-alat dan sumber
belajar,keadaan cuaca dan waktu belajar yang digunakan siswa.
Faktor-faktor tersebut dipandang turut menentukan tingkat keberhasilan belajar
peserta didik di sekolah.
c. Faktor pendekatan belajar (approach to learning), yakni jenis upaya
belajar peserta didik yang meliputi strategi dan metode yang digunakan peserta
didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran (Muhibin Syah, 2008: 139).
Dan untuk lebih
memudahkan dalam memahami hubungan antara proses dan prestasi belajar dengan
faktor-faktor yang mempengaruhinya, berikut ini penulis sajikan skema hubungan
tersebut.
0 komentar on Foktor Utama Prestasi Belajar :
Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !