Pendidikan, Ilmu, Agama, Kuliah ,

Contoh Abstrak Skripsi




ABSTRAKSI

Anak yatim adalah sosok manusia yang mendapat dukungan khusus dan mulia disisi Allah SWT. Perhatian Allah SWT begitu besar kepada mereka, sebagaimana tercermin dari banyaknya ayat dalam kitab Al-Qur’an yang membicarakan masalah yatim. Orang-orang yang merawat dan mengasuh anak yatim mempunyai kewajiban terhadap mereka. Anak dhuafa sudah seharusnya mendapat perlindungan hak, jiwa harta dan masa depannya. Kehormatan dan kemuliaan yang mereka dapatkan dari Allah dan Rasul-Nya juga harus dijaga dan dipelihara, karena anak yatim itu adalah anak yang tidak beribu dan berayah lagi atau tidak berayah lagi. Anak yatim yang berada di Panti Asuhan Bina Insani, pembinaan dalam bimbingan belajarnya terpisah, karena dalam satu lingkup panti terdiri dari berbagai macam usia anak yang perlu dibina dan dibimbing belajarnya agar tercapai prestasi yang sebaik mungkin. Dan anak yatim di Panti Asuhan Bina Insani pembinaan belajarnya berupa jam tambahan dalam belajar pada anak yang biasa dilakukan pada malam hari dan waktu-waktu tertentu seperti ketika ada ulangan harian, test, ujian dan lain-lain.
Dengan demikian, timbul permasalahan Bagaimana Kegiatan Pembinaan Belajar Anak Yatim Panti Asuhan Bina Insani? Bagaimana Prestasi Belajar Anak Yatim Panti Asuhan Bina Insani? Bagaimana Pengaruh Pembinaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Anak Yatim Panti Asuhan Bina Insani? Adapun tujuan penelitian, untuk mengetahui pembinaan belajar anak di Panti Asuhan Bina Insani. Untuk mengetahui tentang prestasi belajar anak di Panti Asuhan Bina Insani. Kemudian dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan agar memberikan kegiatan yang bermanfaat bagi anak yatim terutama yang berhubungan dengan pembinaan belajar. Memberikan sumbangsih pemikiran secara praktis dalam kegiatan pembinaan belajar anak dan membimbingnya secara intensif agar anak memperoleh prestasi yang baik. Memberikan informasi kepada pengurus panti pada khususnya dan para pembaca pada umumnya tentang pentingnya pembinaan belajar dan prestasi belajar anak yatim.
Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan karena data yang diambil berasal dari objek penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam menganalisa data yang diperoleh adalah menggunakan teknik analisis rumus “product moment”.
vi
 
Hasil analisis dari penelitian Pengaruh Pembinaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Anak Yatim Panti Asuhan Bina Insani Desa Sokorejo Kec. Pekalongan Timur termasuk dalam kategori baik, dibuktikan dengan nilai frekuensi tabel pembinaan belajar yang menunjukkan pada interval nilai 60-62 dengan prosentase 26,66%. Adapun prestasi belajar anak yatim Panti Asuhan Bina Insani termasuk dalam kategori tingkat baik. Hal ini terbukti dengan hasil nilai rata-rata raport dengan prosentase 26,6% yang terletak pada interval 80-82. Pengaruh pembinaan belajar terhadap prestasi belajar berdasarkan perhitungan dengan teknik korelasi product momet diperoleh rxy = 0,966, nilai tersebut terdapat pada interpretasi nilai “r” yang berarti bahwa pembinaan belajar Panti Asuhan Bina Insani cukup kuat terhadap prestasi belajar.
Hal ini dapat dibuktikan baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Pada taraf signifikan 5% didapatkan rt = 0,361 dan pada taraf signifikan 1% didapatkan rt = 0,463. Ini berarti bahwa Pembinaan Belajar Anak Yatim Panti Asuhan Bina Insani mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap Prestasi Belajar Anak. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.
Share on :


Artikel Terkait :

0 komentar on Contoh Abstrak Skripsi :

Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !