ABSTRAKSI
Anak yatim
adalah sosok manusia yang mendapat dukungan khusus dan mulia disisi Allah SWT.
Perhatian Allah SWT begitu besar kepada mereka, sebagaimana tercermin dari
banyaknya ayat dalam kitab Al-Qur’an yang membicarakan masalah yatim.
Orang-orang yang merawat dan mengasuh anak yatim mempunyai kewajiban terhadap
mereka. Anak dhuafa sudah seharusnya mendapat perlindungan hak, jiwa harta dan
masa depannya. Kehormatan dan kemuliaan yang mereka dapatkan dari Allah dan
Rasul-Nya juga harus dijaga dan dipelihara, karena anak yatim itu adalah anak
yang tidak beribu dan berayah lagi atau tidak berayah lagi. Anak yatim yang
berada di Panti Asuhan Bina Insani, pembinaan dalam bimbingan belajarnya
terpisah, karena dalam satu lingkup panti terdiri dari berbagai macam usia anak
yang perlu dibina dan dibimbing belajarnya agar tercapai prestasi yang sebaik
mungkin. Dan anak yatim di Panti Asuhan Bina Insani pembinaan belajarnya berupa
jam tambahan dalam belajar pada anak yang biasa dilakukan pada malam hari dan
waktu-waktu tertentu seperti ketika ada ulangan harian, test, ujian dan
lain-lain.
Dengan
demikian, timbul permasalahan Bagaimana Kegiatan Pembinaan Belajar Anak Yatim
Panti Asuhan Bina Insani? Bagaimana Prestasi Belajar Anak Yatim Panti Asuhan
Bina Insani? Bagaimana Pengaruh Pembinaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Anak Yatim Panti Asuhan Bina Insani? Adapun tujuan penelitian, untuk mengetahui
pembinaan belajar anak di Panti Asuhan Bina Insani. Untuk mengetahui tentang
prestasi belajar anak di Panti Asuhan Bina Insani. Kemudian dengan penelitian
ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan agar memberikan kegiatan yang
bermanfaat bagi anak yatim terutama yang berhubungan dengan pembinaan belajar.
Memberikan sumbangsih pemikiran secara praktis dalam kegiatan pembinaan belajar
anak dan membimbingnya secara intensif agar anak memperoleh prestasi yang baik.
Memberikan informasi kepada pengurus panti pada khususnya dan para pembaca pada
umumnya tentang pentingnya pembinaan belajar dan prestasi belajar anak yatim.
Penelitian
yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian
lapangan karena data yang diambil berasal dari objek penelitian baik secara
langsung maupun tidak langsung. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 macam
yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode angket
dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam
menganalisa data yang diperoleh adalah menggunakan teknik analisis rumus
“product moment”.
|
Hal ini dapat dibuktikan baik
pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Pada taraf signifikan 5% didapatkan rt
= 0,361 dan pada taraf signifikan 1% didapatkan rt = 0,463. Ini
berarti bahwa Pembinaan Belajar Anak Yatim Panti Asuhan Bina Insani mempunyai
pengaruh positif yang signifikan terhadap Prestasi Belajar Anak. Dengan
demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.
0 komentar on Contoh Abstrak Skripsi :
Silahkan berkomentar yang baik dan Jangan Spam !